Panji Trihatmojo “Banyak pantai yang harus ditolong karena abrasi””

Panji Trihatmojo, miris melihat pantai Indonesia banyak yang telah rusak. Padahal, ia menilai pantai-pantai di Indonesia banyak yang cantik, bahkan bisa melebihi pantai yang ada di dunia jika bisa dilestarikan dengan baik. “Saya melihat pantai Indonesia adalah yang tercantik di dunia,” tutur Panji di kantor Kabartop.Com, kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12/2011) malam. berbekal teknologi yang dibawanya dari Amerika, sebagai putra bangsa, cucu mantan presiden (alm) Soeharto itu, kini sedang sibuk melestarikan terumbu karang buatan sebagai pembenahan laut di Pecatu, Bali.

Panji juga mengklaim jika terumbu karang buatannya itu berbeda dengan terumbu karang buatan yang sudah ada sebelumnya. “Terumbu karangnya dibuat di New Zealand, seperti saringan filter di akuarium, tapi tidak mengeluarkan bahan kimia. Dalamnya sekitar 5-7 meter. Terumbu karang yang akan ditanam di Pecatu sekitar 100 meter lebih di sekitar 300 meteran panjang pantai,” ujarnya seraya menambahkan jika tidak aral melintang, usahanya itu akan berbuah hasil di akhir tahun 2012 nanti. “Kalau ombaknya tenang, mudah-mudahan selesai di akhir 2012,” tukasnya.

Usahanya itu bermula dari rasa prihatinnya akan banyaknya terumbu karang yang rusak dan rasa kepeduliannya menjaga ekosistem laut. Terlebih, mantan kekasih Laudya Chintya Bella itu amat mencintai suasana pantai. “Saya mencintai laut, saya mencintai lingkungan dan pantai. Pantai di Indonesia itu paling indah, dan nggak ada lawannya, dan di selatan Jawa itu masih banyak sekali pantai yang harus ditolong karena abrasi,” akunya. (Deva)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s